Home » , , , » Daftar 10 Perusahaan Besar Minyak Dunia

Daftar 10 Perusahaan Besar Minyak Dunia

Kebutuhan minyak dunia terus meningkat sejak abad ke 20 seiring dengan berkembangnya tingkat komsumsi negara-negara diseluruh dunia. Semakin tumbuhnya konsumen diseluruh dunia maka bermunculan pula perusahaan minyak besar di berbagai negara. Minyak bumi merupakan kebutuhan yang banyak diburu orang untuk menunjang kelancaran aktivitasnya. Berdasarkan dari sumber Therichest berikut dibawah ini merupakan data 10 perusahaan raksasa minyak dan gas di dunia.

Saudi Aramco
Perusahaan ini dibentuk tahun 1994, saat ini saham secara keseluruhan dimiliki oleh Pemerintah Arab Saudi. Perusahaan Saudi Aramco memiliki pendapatan hingga 1 milliar dollar AS dalam satu hari dengan hasil minyak perhari lebih dari 12 juta barrel. Perusahaan besar ini memiliki fasilitas yang lengkap bahkan dalam hal layanan udara perusahaan raksasa ini selain memiliki helikopter dan pesawat terbang, juga memiliki 2 bandara di negara Amerika Serikat.

Gazprom
Perusahaan ini merupakan perusahaan gas alam terbesar di dunia, mayoritas saham dari Gazprom dimiliki oleh Rusia dan sebagian kecil dimiliki oleh perorangan. Perusahaan ini merupakan pemasok gas alam di berbagai wilayah di Eropa. Dalam satu hari perusahaan besar ini mampu menghasilkan 9,7 juta barrel perhari.

National Iranian Oil Company (NIOC)
Pada abad ke-20 NIOC merupakan perusahaan yang dimiliki Inggris, namun saat ini produksi minyak telah diambil alih oleh karyawan domestik. Hal itu terjadi karena semua orang asing meninggalkan Iran semenjak munculnya nasionalis Iran tahun 1551 serta revolusi Islam di Iran yang terjadi pada tahun 1979. Perusahaan ini mampu menghasilkan 6,4 juta barrel minyak per hari. NIOC menempati posisi ketiga dari produsen minyak dan gas raksasa di dunia.

ExxonMobil
ExxonMobil adalah salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia dengan kemampuannya menghasilkan 5,3 juta barrel minyak dalam satu hari. Perusahaan ini terus beroperasi dan melakukan peningkatan meskipun memiliki catatan lingkungan yang kurang baik. Pada tahun 2013 ExxonMobil memiliki pendapatan hingga 420 miliar dollar AS.

PetroChina
Perusahaan ini berdiri pada tahun 1999, PetroChina merupakan perusahaan minyak dan Gas China mampu menghasilkan minyak dan gas sebanyak 4,4 juta barrel per hari. Angka pendapatan tahunan dari perusahaan ini dilaporkan tembus hingga 325 miliar dollar AS. Setelah data pasar yang baru-baru ini dirilis tentunya angka pendapatan saat ini jauh lebih meningkat. Perusahaan minyak dan gas besar ini terlibat dalam hal pembangunan dunia di Australia, Afrika yang mana telah menandatangani kontrak senilai 50 miliar untuk gas alam. 

British Petroleum (BP)
Perusahaan ini mampu menghasilkan minyak sebanyak 4,1 juta barrel per hari. British Petroleum (BP) memiliki beberapa wilayah pengeboran di negara-negara Timur Tengah hingga ke Alaska. Pada tahun 2010 telah terjadi tumpahan Deepwater Horizon sehingga perusahaan ini menjual sejumlah aset digunakan untuk membantu membayar biaya hukum dan denda sebesar 4,5 miliar dollar AS.

Royal Dutch Shell
Perusahaan ini mampu menghasilkan sebanyak 3,9 juta barrel minyak per hari. Pada tahun 2013 tercatat Royal Dutch Shell memiliki pendapatan lebih dari 450 miliar dollar AS dimana sebagian besar pendapatannya diperoleh dari hasil penjualan minyak dan gas. Perusahaan besar ini tengah melakukan diversifikasi yang sekarang juga terlibat disektor energi terbarukan khususnya angin dan energi surya.

Petroleos Mexicanos (Pemex)
Perusahaan ini mampu menghasilkan produksi minyak sebanyak 3,6 juta barrel per hari. Pemex adalah perusahaan minyak asal Meksiko dimana pada awal abad ke-20 Pemex adalah perusahaan minyak Amerika dan Inggris. Pemerintah Meksiko terus memberikan dukungan eksplorasi dan pengembangan cadangan minyak bumi  pada Pemex meskipun berbagai masalah pernah menghampirinya.

Chevron
Perusahaan minyak ini mampu memproduksi hingga 3,5 juta barrel dalam satu hari. Pertumbuhan Chevron pada tahun 2001 sangat besar dan diakuisisi oleh Texaco. Chevron aktif di lebih dari 180 negara dan pindah ke bidang energi bersih sektor serta merupakan perusahaan utama dalam hal produksi energi panas bumi. Chevron telah membeli Atlas Petroleum pada tahun 2010 dengan harga 4,3 miliar dollar AS.

Kuwait Petrol Corporation
KPO merupakan perusahaan besar dengan kemampuannya menghasilkan 3,2 juta barrel minyak per hari. Kuwait Petrol Corporation terus meningkatkan kemampuannya untuk produksi menggabungakan minyak dan gas alam guna memenuhi permintaan dunia terhadap energi.

Berikut diatas tadi sedikit informasi guna menambah wawasan kita terkait beberapa perusahaan minyak terbesar di dunia yang terus kompetitif untuk berproduksi mengingat permintaan konsumen negara-negara di dunia yang semakin banyak.

Sumber : Kompas

0 comments:

Post a Comment

Featured