Home » » Jenis Bantal dan Bahan Pembuatannya

Jenis Bantal dan Bahan Pembuatannya

Saat anda tidur, pastilah anda menggunakan bantal dan guling. Tetapi tahukan pemilihan bantal dan guling yang salah dapat mempengaruhi kesehatan anda. Bahan yang tidak tepat digunakan dalam bantal justru dapat mengakibatkan anda alergi dan menderita sakit berkepanjangan. Oleh karena itu anda harus tahu jenis – jenis bantal yang ada dipasaran berikut bahan pembuatnya, berikut ini akan saya jelaskan jenis dan bahan pengisi bantal yang ada dipasaran.

bantal

Bantal Kapuk
Bantal yang berisikan kapuk sudah sangat dikenal di berbagai penjuru negeri. Bahan kapuk yang didapat dari buah pohon kapuk ini dikenal memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok untuk dijadikan pengisi bantal. Tetapi kekurangan dari bahan ini adalah saat kapuk menyerap keringat, kapuk akan lama kering sehingga lama kelamaan menjadi keras. Jika sudah seperti itu maka bantal kapuk harus kita jemur untuk mengembalikan keempukan bantalnya. Saat setelah dijemur, muncul lagi satu kelemahan bantal kapuk yaitu teksturnya yang mudah dihinggapi debu, karenanya bagi seseorang yang alergi debu pasti tidak akan tahan menggunakan bantal jenis ini.

Bantal Busa
Busa terbuat dari spon yang dibentuk sedemikia rupa sehingga dapat dijadikan pengisi bantal. Busa ini adalah bahan sintetis yang dibuat oleh pabrik, karena itulah tekstur bantal ini cenderung lebih keras tetapi juga kenyal dan dapat kembali kebentuknya semula. Kelemahan dari bantal ini adalah bahan yang digunakan akan terasa panas dikulit.

Bantal Memori Foam
Memori foam adalah bahan pengisi yang akhir – akhir ini banyak digunakan. Memori foam memiliki tekstur yang lebih lembut daripada busa meskiun memori foam sendiri sebenarnya adalah busa Polyurethane. Karena teksturnya yang lebih lembut, busa jenis ini lebih lama untuk kembali kebentuknya semula.

Bantal Dakron
Dakron adalah sebutan untuk serat plastik. Serat plastik yang halus sebenarnya sangat lembut, karenanya sangat cocok untuk dijadikan pengisi bantal. Kekurangan dari bantal yang diisi dakron ini adalah pada awalnya bantal tersebut mengembang karena memang bentuk serat plastiknya masih original, tetapi lama kelaman akan menyusut sehingga bantalpun tidak akan setebal pada awal kita membelinya.

0 comments:

Post a Comment

Featured